Lantunan Salawat Sambut Kedatangan SBY di Tebuireng Jombang

Reporter : Yusuf Wibisono
 


Jombang (beritajatim.com) - Lantunan salawat nabi langsung menggema begitu Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) beserta rombongan memasuki Ponpes Tebuireng dalam rangka menghadiri puncak haul KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Orang nomor satu di Indonesia itu didampingi sang istri, Ny Ani Yudhoyono.

Mengetahui presiden memasuki lokasi haul, ribuan hadirin sontak berdiri. Mereka ingin melihat secara langsung presiden yang sudah mempimpun dua periode. SBY datang dengan dibalut pakaian serba putih, begitu juga dengan sang istri. Nampak hadir dalam rombongan SBY, sejumlah menteri KIB (Kabinet Indonesia Bersatu) jilid II. Diantaranya, Menteri Agama Suryadharma Ali, Menpora Roy Suryo, Menpera Djan Farid, serta Menteri Perindustria MS Hidayat.

Selain itu juga hadir Kapolri Jenderal Sutarman, Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Kemudian Gubernur Jatim Soekarwo beserta wakilnya Saifullah Yusuf. Sedangkan sejumlah kiai sepuh juga terlihat di bangku hadirin paling depan, yakni KH Maimun Zubair dari Ponpes Sarang Rebang Jateng, KH Abdul Aziz Mansyur dari Ponpes Pacul Gowang, serta beberapa kiai lainnya.

Dalam acara haul tersebut, Presiden SBY duduk di barisan paling depan bersama sang istri. Disampig presiden, nampak pengasuh Ponpes Tebuireng KH Salahuddin Wahid, kemudian Hj Lily Chadijah Wahid, Hj Sinta Nuriyah Wahid. Seluruh hadirin tersebut nampak khidmat membaca yasin dan tahlil di depan pusara Gus Dur.

Kehadiran presiden SBY ke Tebuireng menjadi magnet tersendiri bagi warga Jombang. Mereka terlihat tumpah ruah memadati Pondok Tebuireng. Di sepanjang jalan menuju Tebuireng, warga juga berderet di pinggir jalan guna melambaikan tangan menyambut kedatangan sang presiden.

Dimas Cokro Pamungkas atau Gus Dimas, salah satu warga yang datang ke Tebuireng mengatakan, ia berangkat dari rumah bersama 25 orang. Tujuannya, untuk ikut membacakan yasin dan tahlil dalam rangka haul Gus Dur ke-4. Menurut Gus Dimas, tokoh pluralis tersebut jasanya sangat besar dalam membangun demokrasi di Indonesia.

"Sebagai warga Jombang, saya sangat berterima kasih kepada Pak SBY yang meluangkan waktu ke Kota Santri guna menghadiri haul ke-4 Gus Dur," kata Gus Dimas yang juga Ketua IPSNU (Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama) Pagar Nusa Kecamatan Gudo, Jombang. [suf/kun]


No comments:

Write a Comment


Top