Santri dan Tukang Becak Jombang Dukung Jokowi-JK

Rabu, 11 Juni 2014 | 22:10 WIB
Santri dan Tukang Becak Jombang Dukung Jokowi-JK
Joko Widodo dan Jusuf Kalla menyampaikan visi misinya dalam acara Debat Capres-Cawapres di Jakarta, 9 Juni 2014. ANTARA/Prasetyo Utomo
TEMPO.COJombang - Kalangan santri dan tukang becak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menyatakan dukungan untuk calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Mereka juga menggalang dana untuk pemenangan calon yang diusung koalisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) tersebut.

“Kami melihat Jokowi-JK bisa diharapkan untuk mengawal Islam ahlusunah wal jamaah,” kata pengasuh Pondok Pesantren Al-Aqobah, Desa Kwaron, Kecamatan Diwek, Jombang, K.H. Junaidi Hidayat, saat dihubungi, Rabu, 11 Juni 2014.

Junaidi mengatakan dukungan yang diberikan itu murni hasil diskusi dengan para santri untuk memahami perkembangan situasi politik. Dukungan juga merupakan wujud konkret atas tanggung jawab moral pesantren pada masyarakat dalam memilih pemimpin.

“Pesantren punya tanggung jawab moral untuk memberikan bukti nyata kepada masyarakat bahwa inilah pemimpin yang layak kita pilih,” ujar Junaidi.

Para pengasuh dan santri pesantren setempat juga menggalang dana saat doa bersama atau istigasah beberapa hari lalu. “Terkumpul Rp 1,3 juta dan sudah kami transfer ke rekening Jokowi-JK,” ucap Junaidi.

Para tukang becak di Kota Santri itu juga ikut mendukung dan menggalang dana untuk Jokowi-JK. Sudah terkumpul Rp 600 ribu dan telah disetor ke salah satu rekening Jokowi-JK.

“Ini baru tahap awal dan akan kami teruskan ke teman-teman tukang becak lainnya,” ucap Mi’an, salah seorang koordinator tukang becak simpatisan Jokowi-JK.


No comments:

Write a Comment


Top