Pelajar Atlet Berprestari di Cirebon Dibuatkan Kelas Khusus

KBRN, Cirebon: Walikota Cirebon, Nasrudin Azis, mengungkapkan untuk mengakomodir atlet pelajar berprestasi yang tidak diterima lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi, akan dibuatkan satu kelas khusus.

“Solusinya, kita akan mengambil kebijakan berdasarkan No 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional,” jelas Azis, usai melakukan pertemuan dengan orang tua atlet, bersama Bapopsi, Disdik dan Koni Kota Cirebon, Kamis (13/7/2017).

Berdasarkan undang-undang tersebut, setiap sekolah bisa membuka satu kelas khusus untuk para atlet olahraga yang berprestasi.

Ditawarkannya kelas khusus atlet pelajar tersebut tersebut karena banyaknya atlet pelajar yang tidak diterima pada PPDB di Kota Cirebon melalui jalur prestasi. Karena saat ini PPDB untuk jalur prestasi sudah ditutup, maka solusi yang ditawarkan Pemkot Cirebon yaitu dengan membuat satu kelas khusus untuk atlet-atlet pelajar berprestasi tersebut.

“Nanti akan ditempatkan satu kelas di SMP Negeri 4 Kota Cirebon,” kata Azis.

Sebenarnya, Kota Cirebon sudah membuka satu kelas khusus untuk olahraga. Yaitu ada di SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Namun karena perkembangannya, saat ini SMP Negeri 2 Kota Cirebon sudah tidak memungkinkan untuk menambah kelas, sehingga akhirnya atlet pelajar berprestasi tersebut akan ditempatkan di SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Dengan ditempatkan di satu kelas khusus, diharapkan pembinaan terhadap pelajar yang juga berprofesi sebagai atlet akan lebih terarah.

Sementara itu Ketua Umum Koni Kota Cirebon, Hj. Wati Musilawati, mengatakan jika sejak awal KONI Kota Cirebon tidak pernah dilibatkan dalam penerimaan siswa baru, terutama untuk pelajar berprestasi dari jalur olahraga. Namun karena banyaknya atlet pelajar berprestasi yang tidak diterima dalam PPDB jalur prestasi, dan adanya aduan dari Bapopsi, pengcab dan para orang tua akhirnya KONI pun turun tangan.

Setelah melakukan verifikasi terhadap pelajar yang mendaftar dari jalur prestasi olahraga, ada lebih dari 50 pelajar yang tergolong  dalam atlet berprestasi. “Mereka atlet dari beragam cabang olahraga mulai dari Karate, renang, Taekwndo, Voli, Bulutangkis dan lainnya,” kata Wati. (Azi S/CH/AKS)

taken from http://rri.co.id/post/berita/412573/olahraga/pelajar_atlet_berprestari_di_cirebon_dibuatkan_kelas_khusus.html


No comments:

Write a Comment


Top